Selasa, 09 Januari 2018

Tugas Minggu ke-4

PERUSAHAAN ASUS
Perusahaan ASUS merupakan perusahaan IT yang ternama. Perusahaan yang bermarkas di Taiwan ini  termasuk perusahaan yang produktif dalam mengeluarkan produknya. Setiap tahunnya perusahaan ini menelurkan produk-produk berkualitas baik itu motherboard, kartu grafis, LAPTOP, PC Desktop, monitor LCD, dan lainnya. Kini perusahaan bernama lengkap Asustek Computerhttps://cdncache-a.akamaihd.net/items/it/img/arrow-10x10.png Inc. ini juga mulai giat untuk bermain di perangkat bergerak. Kehadiran  Asus Fonepad dan Tablet PC buatan Asus pun adalah bukti keseriusan perusahaan ini di ranah bisnis mobile.
Menggunakan Sistem Informasi Eksekutif untuk mengembangkan perusahaannya dalam hal Pelaporan dan memperkenalkan produk yang dimiliki dan mengenai hal – hal yang berkaitan dengan perusahaan. Asus mengaplikasikannya dengan web yang  dimilikinya yaitu http://www.asus.com yang dimana didalam web ini terdapat Company Profile, produk yang dihasilkan perusahaan, relasi dengan para investor yang disertai dengan laporan keuangan, informasi lingkungan dan informsi lainnya yang berhubungan dengan perusahaan sehingga diharapkan pelanggan dapat tertarik dengan produk yang dihasilkan setelah melihat paparan yang diberikan melalui website.
Dalam penggunaan Pelaporan Sistem Informasi eksekutif (SIE) adalah satu jenis dari sistem  informasi manajemen yang dimaksud untuk memudahkan dan mendukung keterangan dan pembuatan keputusan, kebutuhan dari eksekutif senior dengan menyediakan kemudahan akses terhadap keduanya internal dan eksternal mengenai keterangan yang relevan untuk menentukan tujuan yang strategis dari suatu organisasi. Ini biasanya dipertimbangkan sebagai bentuk dari suatu Sistem Pendukung Keputusan (SKP). Dalam hal ini kami mencoba untuk menganalisa Sistem Informasi Eksekutif pada perusahaan Teknologi Informasi, serta sebagai sarana pengetahuan kami sebagai mahasiswa dengan adanya pembelajaran Sistem Informasi Eksekutif.
Penekanan dari SIE berada di atas peraga grafis dan mudah untuk dipergunakan oleh userinterface pemakainya. Pada umumnya, SIE untuk menolong eksekutif tertinggi lebih teliti dalam membadingkan dan menyoroti kecenderungan pada variable sehingga mereka dapat memonitor kinerja dan mengidentifikasi kesempatan dan masalah.
Gambaran Umum Perusahaan Asustek Computer Inc.
Perusahaan ASUS merupakan perusahaan IT yang ternama. Perusahaan yang bermarkas di Taiwan ini  termasuk perusahaan yang produktif dalam mengeluarkan produknya. Setiap tahunnya perusahaan ini menelurkan produk-produk berkualitas baik itu motherboard, kartu grafis, LAPTOP, PC Desktop, monitor LCD, dan lainnya. Kini perusahaan bernama lengkap Asustek Computer Inc. ini juga mulai giat untuk bermain di perangkat bergerak. Kehadiran  Asus Fonepad dan Tablet PC buatan Asus pun adalah bukti keseriusan perusahaan ini di ranah bisnis mobile.
Perusahaan ASUS sudah lama melintang di dunia perkomputeran. Perusahaan ini didekralasikan  pada tanggal 2 april 1990 oleh TH Tung, Ted Hsu Wayne Hsieh dan MT Liao. Pemilihan nama ASUS sendiri cukup unik. ASUS sebenarnya merupakan penggalan kata dari kata PEGASUS. PEGASUS merupakan hewan berbentuk kuda dalam mitologi Yunani yang memiliki sayap di punggungnya. Pemilihan nama ini tentunya agar ASUS mampu terus terbang bagaikan kuda PEGASUS.
Pada perjalanan karirnya, sebagai perusahaan IT, ASUS telah menghasilkan banyak produk. Perusahaan ini dikenal sebagai perusahaan dengna penjualan produknya yang cukup baik, tidak sedikit pengghargaan yang didapatkan oleh perusahaan ASUS ini. Penghargaan sebagai produk dengan desain terbaik, kualitas produk terbaik, sampai dengan PENJUALAN TERBAIK pernah didapatkan oleh perusahaan ini.

ANALISIS KINERJA SISTEM
a.      Analisis Sistem
Analisis sistem dilakukan untuk mengetahui keadaan sistem yang sedang berjalan sekarang, untuk mengatahui keadaan sistem yang sebenarnya, maka dilakukan pencarian melalui web milik perusahaan ASUS.
b.      Sistem Berjalan Perusahaan ASUS
Terinspirasi oleh berbagai kebutuhan konsumen di seluruh area dan tahapan kehidupan, misi utama ASUS ialah untuk memberikan solusi inovatif yang sesungguhnya, yang pada gilirannya juga akan menginspirasi konsumen untuk meraih produktivitas dan kesenangan yang lebih tinggi.
Inovasi adalah kunci utama kesuksesan ASUS. Setelah meluncurkan PadFone ke khalayak umum pada acara Computex 2011, tahun ini ASUS Chairman Jonney Shih sekali lagi mencuatkan perangkat mobile TAICHI dan Transformer Book dual-purpose.
Dengan merintis berbagai inovasi, trend dan teknologi terbaru yang memiliki dampak besar bagi kehidupan konsumen dan Bumi pada skala besar, ASUS berharap dapat meraih pemikiran banyak orang dan pangsa pasar yang lebih secara global.
Untuk meraih sukses dalam industri TI yang sangat kompetitif, ASUS berfokus pada kecepatan penetrasi pasar, biaya, dan layanan. Itulah sebabnya mengapa setiap karyawan ASUS berupaya untuk menguasai “ASUS Way of Total Quality Management” guna memenuhi janji “Persistent Perfection” akan merek ASUS. Dengan tuntunan pedoman – pedoman inilah ASUS mengembangkan manfaat besar dalam desain produk, teknologi, kualitas dan nilai/biaya. Manfaat – manfaat ini pada akhirnya menjadi formula kesuksesan ASUS—memungkinkan bagian pemasaran untuk mengkomunikasikan kekuatan – kekuatan ini dalam memikat hati konsumen.
c.       Analisis Sistem Informasi
Dalam kehidupan sehari-hari di era teknologi dan kompterisasi saat ini, kita sering mendengar istilah mengenai sistem. Sistem didefinisikan sebagai sekumpulan prosedur yang saling berkaitan dan saling terhubung untuk melakukan suatu tugas bersama-sama. Secara garis besar, sebuah sistem informasi terdiri atas tiga komponen utama. Ketiga komponen tersebut mencakup softwarehardware, dan brainware. Ketiga komponen ini saling berkaitan satu sama lain. Software mencakup semua perangkat lunak yang di bangun dengan bahasa pemrograman tertentu.  Berikut komponen-komponen pada sistem informasi yang akan di bahas dalam poin ini.
Ø  Input (Masukan)
Inputan pada sistem informasi yang di gunakan oleh ASUS Jika dilihat dari uraian diatas kedua perusahaan menggunakan metode mengenai produk asus yang hanya menjelaskan sebagian besarnya atau pola umumnya saja tanpa menjelaskan lebih lanjut lagi.
Ø  Proses
Proses pada sistem informasi yang di gunakan oleh ASUS mulai dari proses validasi kelengkapan dan kebenaran data yang di lakukan staff. Selanjutnya proses kedua yaitu proses verifikasi dan proses pencetakan draff (rancangan) yang dilakukan oleh operator.
Ø  Output (Keluaran)
Output atau keluaran dari produk SIE pada perusahaan ASUS adalah data arsip untuk tophttps://cdncache-a.akamaihd.net/items/it/img/arrow-10x10.png manager.
Analisis Devisi Teknologi Pada Perusahaan Teknologi
Teknologi Informasi telah banyak digunakan untuk mendukung proses bisnis yang terjadi pada perusahaan, baik bidang ekonomi maupun perbankan. Dengan hadirnya aplikasi-aplikasi dan layanan e-bussiness, e-commerce, e-banking dan lain-lain. Kebutuhan efisiensi waktu dan biaya menyebabkan setiap pelaku bisnis merasa perlu menerapkan teknologi informasi dalam lingkungan kerja. Penerapan Teknologi Informasi menyebabkan perubahan pada pola kebiasaan kerja. Misalnya penerapan Enterprice Resource Planning (ERP). Dalam dunia bisnis peranan Teknologi Informasi dimanfaatkan untuk perdagangan secara elektronik atau dikenal sebagai E-Commerce (e-dagang) atau perdagangan elektronik. E-Commerce adalah perdagangan menggunakan jaringan komunikasi internet. E-commerce merupakan bagian dari e-business, di mana cakupan e-business lebih luas, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan dan lain-lain. Selain teknologi jaringan www, e-dagang juga memerlukan teknologi basis data atau pangkalan data (databases), e-surat atau surat elektronik (e-mail), dan bentuk teknologi non komputer yang lain seperti halnya sistem pengiriman barang, dan alat pembayaran untuk e-dagang ini.
a.      Mempermudah Cara Komunikasi
Bagi banyak perusahaan, email adalah sarana utama komunikasi antara karyawan, pemasok dan pelanggan. Email adalah salah satu pendorong awal Internet, Penggunaannya sangat mudah dan relatif jauh lebih murah jika dibandingkan dengan faksimile untuk berkomunikasi. Selama bertahun-tahun, sejumlah alat komunikasi lainnya juga berkembang, yang memungkinkan para staf untuk saling berkomunikasi dengan menggunakan sistem chat (chatting), alat pertemuan online dengan sistem konferensi video seperti webinar, Voice over internet protocol (VOIP) dan masih banyak lagi lainnya.
b.      Memberikan Pengetahuan dan Sumber Informasi
Melalui internet, anda hanya membutuhkan satu klik dan semua informasi sudah tersedia di depan mata Anda. Semakin banyak pengetahuan yang anda peroleh mengenai bisnis, maka semakin berkembang pula bisnis yang sedang anda kelola. Selain itu anda dapat dengan mudah untuk mencari informasi yang berkaitan dengan kompetitor anda.
c.       Manajemen Data
Deretan lemari arsip yang berisikan dokumen-dokumen perusahaan sekarang sudah tidak terlalu dibutuhkan lagi oleh beberapa perusahaan, dengan adanya database. Saat ini, sebagian besar perusahaan menyimpan versi digital dari dokumen pada server dan perangkat penyimpanan. Dokumen-dokumen ini menjadi langsung tersedia bagi semua orang di perusahaan, terlepas dari lokasi geografis mereka. Perusahaan yang mampu menyimpan dan memelihara sejumlah besar data historis secara ekonomis, dan karyawan dapat mengakses langsung dokumen yang mereka butuhkan
d.      Sistem Informasi Manajemen
Menyimpan data hanya menguntungkan jika data yang dapat digunakan secara efektif. Perusahaan progresif menggunakan data itu sebagai bagian dari proses perencanaan strategis serta pelaksanaan taktis dari strategi itu. Sistem Informasi Manajemen (SIM) memungkinkan perusahaan untuk melacak data penjualan, biaya dan tingkat produktivitas. Informasi ini dapat digunakan untuk melacak profitabilitas dari waktu ke waktu, memaksimalkan laba atas investasi dan mengidentifikasi bidang yang perlu perbaikan. Manajer dapat melacak penjualan setiap hari, yang memungkinkan mereka untuk segera bereaksi terhadap angka yang lebih rendah dari perkiraan dengan meningkatkan produktivitas karyawan atau mengurangi biaya item.
e.      Customer Relationship Management
Perusahaan menggunakan TI untuk memperbaiki cara mereka merancang dan mengelola hubungan terhadap pelanggan. Customer Relationship Management (CRM) sebuah sistem yang dapat menangkap setiap interaksi perusahaan terhadap para pelanggan, sehingga terdapat data kronologis pelanggan jika sewaktu-waktu dibutuhkan, bagaikan data record. Salah satu contohnya pelanggan menghubungi call center karena mendapatkan masalah, mengenai informasi pengiriman barang yang ia pesan. Dengan adanya CRM staff perusahaan dapat segera memberitahukan keberadaan barang pesanan pelanggan. Karena seluruh interaksi disimpan dalam sistem CRM. Pelanggan pun menjadi tenang, karena mendapatkan pelayanan yang memuaskan, Hal ini memberikan keuntungan bagi perusahaan sehingga dapat lebih meningkatkan kinerja terhadap produktivitas.
f.        Aktivitas Bisnis Selama 24 Jam
Dengan adanya perkembangan teknologi informasi sangat membantu para pelaku bisnis untuk melakukan aktivitas jual beli selama 24 jam, tidak seperti toko offline yang segala aktivitasnya sangat dibatasi oleh ruang dan waktu.
Kesimpulan
Dari hasil analisis yang penulis lakukan di Pada Perusahaan Teknologi mendapatkan beberapa kesimpulan tentang prinsipnya, selaras atau tidaknya strategi TI dan bisnis pada suatu perusahaan, salah satu faktornya ditentukan oleh peran kepemimpinan dari CIO organiasi tersebut. Untuk mewujudkan keselarasan strategiTI dan bisnis, seorang CIO dituntut untuk memiliki kompetensi soft skill kepemimpinan. Karena seiring dengan berkembangnya TI dan dinamika bisnis saat ini, kepemimpinan memiliki andil yang cukup besar dalam terwujudnya keselarasan strategi TI dan bisnis. Menamabahkan fungsi pada sistem pengarsipan, yang dimana sistem pengarsipan disambungkan pada excel/g-drive sehingga proses export data pada sistem pengarsipan lebih efesien.
https://cdncache-a.akamaihd.net/items/it/img/arrow-10x10.png

Tidak ada komentar:

Posting Komentar