PERUSAHAAN ASUS
Perusahaan
ASUS merupakan perusahaan IT yang ternama. Perusahaan yang bermarkas di Taiwan
ini termasuk perusahaan yang produktif dalam mengeluarkan produknya.
Setiap tahunnya perusahaan ini menelurkan produk-produk berkualitas baik itu
motherboard, kartu grafis, LAPTOP, PC Desktop, monitor LCD, dan lainnya. Kini
perusahaan bernama lengkap Asustek Computer
Inc.
ini juga mulai giat untuk bermain di perangkat bergerak. Kehadiran Asus
Fonepad dan Tablet PC buatan Asus pun adalah bukti keseriusan perusahaan ini di
ranah bisnis mobile.

Menggunakan
Sistem Informasi Eksekutif untuk mengembangkan perusahaannya dalam hal
Pelaporan dan memperkenalkan produk yang dimiliki dan mengenai hal – hal yang
berkaitan dengan perusahaan. Asus mengaplikasikannya dengan web yang
dimilikinya yaitu http://www.asus.com yang
dimana didalam web ini terdapat Company Profile, produk yang dihasilkan
perusahaan, relasi dengan para investor yang disertai dengan laporan keuangan,
informasi lingkungan dan informsi lainnya yang berhubungan dengan perusahaan
sehingga diharapkan pelanggan dapat tertarik dengan produk yang dihasilkan
setelah melihat paparan yang diberikan melalui website.
Dalam
penggunaan Pelaporan Sistem Informasi eksekutif (SIE) adalah satu jenis dari
sistem informasi manajemen yang dimaksud untuk memudahkan dan mendukung
keterangan dan pembuatan keputusan, kebutuhan dari eksekutif senior dengan
menyediakan kemudahan akses terhadap keduanya internal dan eksternal mengenai
keterangan yang relevan untuk menentukan tujuan yang strategis dari suatu
organisasi. Ini biasanya dipertimbangkan sebagai bentuk dari suatu Sistem
Pendukung Keputusan (SKP). Dalam hal ini kami mencoba untuk menganalisa Sistem
Informasi Eksekutif pada perusahaan Teknologi Informasi, serta sebagai sarana
pengetahuan kami sebagai mahasiswa dengan adanya pembelajaran Sistem Informasi
Eksekutif.
Penekanan dari SIE berada di atas
peraga grafis dan mudah untuk dipergunakan oleh userinterface pemakainya. Pada
umumnya, SIE untuk menolong eksekutif tertinggi lebih teliti dalam membadingkan
dan menyoroti kecenderungan pada variable sehingga mereka dapat memonitor
kinerja dan mengidentifikasi kesempatan dan masalah.
Gambaran Umum Perusahaan
Asustek Computer Inc.
Perusahaan ASUS
merupakan perusahaan IT yang ternama. Perusahaan yang bermarkas di Taiwan
ini termasuk perusahaan yang produktif dalam mengeluarkan produknya.
Setiap tahunnya perusahaan ini menelurkan produk-produk berkualitas baik itu
motherboard, kartu grafis, LAPTOP, PC Desktop, monitor LCD, dan lainnya. Kini
perusahaan bernama lengkap Asustek Computer Inc. ini juga mulai giat untuk
bermain di perangkat bergerak. Kehadiran Asus Fonepad dan Tablet PC
buatan Asus pun adalah bukti keseriusan perusahaan ini di ranah bisnis mobile.
Perusahaan ASUS sudah lama
melintang di dunia perkomputeran. Perusahaan ini didekralasikan pada
tanggal 2 april 1990 oleh TH Tung, Ted Hsu Wayne Hsieh dan MT Liao. Pemilihan
nama ASUS sendiri cukup unik. ASUS sebenarnya merupakan penggalan kata dari
kata PEGASUS. PEGASUS merupakan hewan berbentuk kuda dalam mitologi Yunani yang
memiliki sayap di punggungnya. Pemilihan nama ini tentunya agar ASUS mampu
terus terbang bagaikan kuda PEGASUS.
Pada perjalanan
karirnya, sebagai perusahaan IT, ASUS telah menghasilkan banyak produk.
Perusahaan ini dikenal sebagai perusahaan dengna penjualan produknya yang cukup
baik, tidak sedikit pengghargaan yang didapatkan oleh perusahaan ASUS ini.
Penghargaan sebagai produk dengan desain terbaik, kualitas produk terbaik,
sampai dengan PENJUALAN TERBAIK pernah didapatkan oleh perusahaan ini.
ANALISIS KINERJA SISTEM
a.
Analisis Sistem
Analisis sistem dilakukan untuk mengetahui keadaan sistem yang
sedang berjalan sekarang, untuk mengatahui keadaan sistem yang sebenarnya, maka
dilakukan pencarian melalui web milik perusahaan ASUS.
b.
Sistem Berjalan Perusahaan ASUS
Terinspirasi oleh berbagai
kebutuhan konsumen di seluruh area dan tahapan kehidupan, misi utama ASUS ialah
untuk memberikan solusi inovatif yang sesungguhnya, yang pada gilirannya juga
akan menginspirasi konsumen untuk meraih produktivitas dan kesenangan yang lebih
tinggi.
Inovasi adalah kunci utama
kesuksesan ASUS. Setelah meluncurkan PadFone ke khalayak umum pada acara
Computex 2011, tahun ini ASUS Chairman Jonney Shih sekali lagi mencuatkan
perangkat mobile TAICHI dan Transformer Book dual-purpose.
Dengan merintis berbagai
inovasi, trend dan teknologi terbaru yang memiliki dampak besar bagi kehidupan
konsumen dan Bumi pada skala besar, ASUS berharap dapat meraih pemikiran banyak
orang dan pangsa pasar yang lebih secara global.
Untuk meraih sukses dalam
industri TI yang sangat kompetitif, ASUS berfokus pada kecepatan penetrasi
pasar, biaya, dan layanan. Itulah sebabnya mengapa setiap karyawan ASUS
berupaya untuk menguasai “ASUS Way of Total Quality Management” guna memenuhi
janji “Persistent Perfection” akan merek ASUS. Dengan tuntunan pedoman –
pedoman inilah ASUS mengembangkan manfaat besar dalam desain produk, teknologi,
kualitas dan nilai/biaya. Manfaat – manfaat ini pada akhirnya menjadi formula
kesuksesan ASUS—memungkinkan bagian pemasaran untuk mengkomunikasikan kekuatan
– kekuatan ini dalam memikat hati konsumen.
c.
Analisis Sistem Informasi
Dalam kehidupan sehari-hari di
era teknologi dan kompterisasi saat ini, kita sering mendengar istilah mengenai
sistem. Sistem didefinisikan sebagai sekumpulan prosedur yang saling berkaitan
dan saling terhubung untuk melakukan suatu tugas bersama-sama. Secara garis
besar, sebuah sistem informasi terdiri atas tiga komponen utama. Ketiga
komponen tersebut mencakup software, hardware, dan brainware. Ketiga
komponen ini saling berkaitan satu sama lain. Software mencakup
semua perangkat lunak yang di bangun dengan bahasa pemrograman tertentu.
Berikut komponen-komponen pada sistem informasi yang akan di bahas dalam poin
ini.
Ø Input
(Masukan)
Inputan pada sistem informasi yang di gunakan oleh ASUS Jika
dilihat dari uraian diatas kedua perusahaan menggunakan metode mengenai produk
asus yang hanya menjelaskan sebagian besarnya atau pola umumnya saja tanpa
menjelaskan lebih lanjut lagi.
Ø Proses
Proses pada sistem informasi yang di gunakan oleh ASUS mulai
dari proses validasi kelengkapan dan kebenaran data yang di lakukan staff.
Selanjutnya proses kedua yaitu proses verifikasi dan proses pencetakan draff
(rancangan) yang dilakukan oleh operator.
Ø Output
(Keluaran)
Output atau keluaran
dari produk SIE pada perusahaan ASUS adalah data arsip untuk top
manager.

Analisis Devisi Teknologi Pada
Perusahaan Teknologi
Teknologi Informasi telah
banyak digunakan untuk mendukung proses bisnis yang terjadi pada perusahaan,
baik bidang ekonomi maupun perbankan. Dengan hadirnya aplikasi-aplikasi dan
layanan e-bussiness, e-commerce, e-banking dan lain-lain. Kebutuhan efisiensi
waktu dan biaya menyebabkan setiap pelaku bisnis merasa perlu menerapkan
teknologi informasi dalam lingkungan kerja. Penerapan Teknologi Informasi
menyebabkan perubahan pada pola kebiasaan kerja. Misalnya penerapan Enterprice
Resource Planning (ERP). Dalam dunia bisnis peranan Teknologi Informasi
dimanfaatkan untuk perdagangan secara elektronik atau dikenal sebagai
E-Commerce (e-dagang) atau perdagangan elektronik. E-Commerce adalah
perdagangan menggunakan jaringan komunikasi internet. E-commerce merupakan
bagian dari e-business, di mana cakupan e-business lebih luas, tidak hanya
sekedar perniagaan tetapi mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis,
pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan dan lain-lain. Selain teknologi jaringan
www, e-dagang juga memerlukan teknologi basis data atau pangkalan data
(databases), e-surat atau surat elektronik (e-mail), dan bentuk teknologi non
komputer yang lain seperti halnya sistem pengiriman barang, dan alat pembayaran
untuk e-dagang ini.
a.
Mempermudah Cara Komunikasi
Bagi banyak perusahaan,
email adalah sarana utama komunikasi antara karyawan, pemasok dan pelanggan.
Email adalah salah satu pendorong awal Internet, Penggunaannya sangat mudah dan
relatif jauh lebih murah jika dibandingkan dengan faksimile untuk
berkomunikasi. Selama bertahun-tahun, sejumlah alat komunikasi lainnya juga
berkembang, yang memungkinkan para staf untuk saling berkomunikasi dengan
menggunakan sistem chat (chatting), alat pertemuan online dengan sistem
konferensi video seperti webinar, Voice over internet protocol (VOIP) dan masih
banyak lagi lainnya.
b.
Memberikan Pengetahuan dan Sumber Informasi
Melalui internet, anda
hanya membutuhkan satu klik dan semua informasi sudah tersedia di depan mata
Anda. Semakin banyak pengetahuan yang anda peroleh mengenai bisnis, maka
semakin berkembang pula bisnis yang sedang anda kelola. Selain itu anda dapat
dengan mudah untuk mencari informasi yang berkaitan dengan kompetitor anda.
c.
Manajemen Data
Deretan lemari arsip
yang berisikan dokumen-dokumen perusahaan sekarang sudah tidak terlalu
dibutuhkan lagi oleh beberapa perusahaan, dengan adanya database. Saat ini, sebagian
besar perusahaan menyimpan versi digital dari dokumen pada server dan perangkat
penyimpanan. Dokumen-dokumen ini menjadi langsung tersedia bagi semua orang di
perusahaan, terlepas dari lokasi geografis mereka. Perusahaan yang mampu
menyimpan dan memelihara sejumlah besar data historis secara ekonomis, dan
karyawan dapat mengakses langsung dokumen yang mereka butuhkan
d.
Sistem Informasi Manajemen
Menyimpan data hanya
menguntungkan jika data yang dapat digunakan secara efektif. Perusahaan
progresif menggunakan data itu sebagai bagian dari proses perencanaan strategis
serta pelaksanaan taktis dari strategi itu. Sistem Informasi Manajemen (SIM)
memungkinkan perusahaan untuk melacak data penjualan, biaya dan tingkat
produktivitas. Informasi ini dapat digunakan untuk melacak profitabilitas dari
waktu ke waktu, memaksimalkan laba atas investasi dan mengidentifikasi bidang
yang perlu perbaikan. Manajer dapat melacak penjualan setiap hari, yang
memungkinkan mereka untuk segera bereaksi terhadap angka yang lebih rendah dari
perkiraan dengan meningkatkan produktivitas karyawan atau mengurangi biaya
item.
e.
Customer Relationship Management
Perusahaan menggunakan
TI untuk memperbaiki cara mereka merancang dan mengelola hubungan terhadap
pelanggan. Customer Relationship Management (CRM) sebuah sistem yang dapat
menangkap setiap interaksi perusahaan terhadap para pelanggan, sehingga
terdapat data kronologis pelanggan jika sewaktu-waktu dibutuhkan, bagaikan data
record. Salah satu contohnya pelanggan menghubungi call center karena
mendapatkan masalah, mengenai informasi pengiriman barang yang ia pesan. Dengan
adanya CRM staff perusahaan dapat segera memberitahukan keberadaan barang
pesanan pelanggan. Karena seluruh interaksi disimpan dalam sistem CRM.
Pelanggan pun menjadi tenang, karena mendapatkan pelayanan yang memuaskan, Hal
ini memberikan keuntungan bagi perusahaan sehingga dapat lebih meningkatkan
kinerja terhadap produktivitas.
f.
Aktivitas Bisnis Selama 24 Jam
Dengan adanya
perkembangan teknologi informasi sangat membantu para pelaku bisnis untuk
melakukan aktivitas jual beli selama 24 jam, tidak seperti toko offline yang
segala aktivitasnya sangat dibatasi oleh ruang dan waktu.
Kesimpulan
Dari hasil analisis yang
penulis lakukan di Pada Perusahaan Teknologi mendapatkan beberapa kesimpulan
tentang prinsipnya, selaras atau tidaknya strategi TI dan bisnis pada suatu
perusahaan, salah satu faktornya ditentukan oleh peran kepemimpinan dari CIO
organiasi tersebut. Untuk mewujudkan keselarasan strategiTI dan bisnis, seorang
CIO dituntut untuk memiliki kompetensi soft skill kepemimpinan. Karena seiring
dengan berkembangnya TI dan dinamika bisnis saat ini, kepemimpinan memiliki
andil yang cukup besar dalam terwujudnya keselarasan strategi TI dan bisnis.
Menamabahkan fungsi pada sistem pengarsipan, yang dimana sistem pengarsipan
disambungkan pada excel/g-drive sehingga proses export data
pada sistem pengarsipan lebih efesien.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar